BRAPA ORANG YG LIAT BLOG INI...

Tuesday, July 03, 2007

SUKSES DI LINGKUNGAN BARU
Memasuki lingkungan baru seringkali menjadi masalah bagi hampir setiap orang. Ini karena perasaan takut nda diterima, minder, ato merasa diri seperti 'alien' maupun 'outsider' kerap kali muncul. Kalo tau jurus2nya, kita nda akan seperti itu kok...

SIAP MENTAL
Rasa takut ato minder umumnya terjadi karena kita ngga siap dengan hal2 yang mungkin terjadi di lingkungan baru. Misalnya, sifat temen2 yang berbeda2, bahasa yang nda sama, juga aturan & budaya yang sama sekali baru. Persiapan mental memegang peranan penting dalam keberhasilan kita memasuki lingkungan baru nantinya. Untuk itu, pelajari deh, kebiasaan, bahasa & segala hal yan berkaitan dengan lingkungan baru. Caranya ? Bisa dengan membaca ato bertanya.

JANGAN BIKIN STEREOTIP DHEWE
Bikin stereotip sendiri ato prasangka negatif yang macem2 juga menjadikan kita takut ato minder berbaur di lingkungan baru. "Jangan2 di sana orange nda ramah. Jangan2 suasanane menyeramken. Jangan2...?"
Jangan kebanyakan "Jangan2...?"! Buang jauh2 kata itu. Stereotip ato prasangka kita belum tentu benar. Positive thinking itu lebih baek karena akan membantu kita dalam mempercepat proses penyesuaian diri kita nanti.

TAKE IT EASY
Bila di lingkungan baru itu kita menghadapi sesuatu di luar dugaan, asik2 ajalah. Bersikaplah santai & jangan cemas. Misalnya, ketika berkenalan dengan orang2 di lingkungan baru, penampilan kita beda sendiri, jangan lantas jadi menyalahkan diri sendiri. Justru sebaliknya, tunjukkan kalo kita memang seperti ini. Sekali2 jadi 'pusat perhatian penampilan' nda pa-pa to?

INGAT KEMAMPUAN SENDIRI
Yap! Yang satu ini nda boleh terlupakan. Dengan mengingat kemampuan yang kita miliki, rasa percaya diri kita untuk berbaur di lingkungan baru akan semakin mantap. Misalnya aja kalo kita jago basket, tanamkan kepercayaan bahwa di lingkungan baru itu kita akan bisa pula menjadi kapten basket di tim. Ingat kemampuan diri sendiri bukan berarti sok jagoan lho ! Bersikap seperti itu bisa2 malah dimusuhi nanti.

BERSIKAP HANGAT
Sikap hangat, seperti mudah tersenyum, memahami perasaan, menghargai dan membantu orang lain, akan sangat membantu kita untuk cepat diterima di lingkungan baru. Percaya deh, orang2 yang ada di lingkungan baru bakal senang dengan kehadiran kita dan akan bersifat sama seperti kita, karena kita sudah mencontohkannya terlebih dahulu.

MELAKUKEN PERENUNGEN
Untuk bisa masuk dan berbaur di lingkungan baru memang ada prosesnya. Perlu waktu dan perlu kesabaran. Jangan pasang target yang banyak dalam waktu cepat. Karena itu, renungkanlah lebih dalam apa saja yang sudah kita perbuat, apa saja yang sudah kita raih, apa saja yang belum teraih di lingkungan baru, serta kenapa ada yang belum teraih. Apa mungkin ada hal yang belum diperbuat sehingga belum teraih?
Dengan perenungan itu, yakin deh, lingkungan baru akan senyaman ato mungkin labih nyaman daripada lingkungan sebelumnya.

Nda begitu sulit to, masuk dan berbaur ke lingkungan baru?
(Pocket Paman Gober dng penyesuaian)

No comments: